social Google+ Twitter Technorati Stumbleupon RSS Feed Digg Delicious
komunitas pemikir bebas penulis lepas
media bisnis online bisnis internet terbaik

List Situs Iklan Baris Gratis Tanpa Daftar

Minggu, 02 Desember 2012

Pasang Iklan : 18 Strategi Promosi Cerdas

To: Pengunjung iklanizer di manapun berada

From:
18 Strategi Promosi Cerdas
iklan@gmail.com

Message:
18 Strategi Promosi Cerdas

Produsen sebuah produk baik barang atau jasa, membutuhkan strategi
promosi yang tepat untuk mengenalkan produknya kepada konsumen.
Strategi promosi produk sangat dibutuhkan. Karena tanpa adanya
kegiatan promosi, sebuah produk tidak akan dikenal masyarakat. Makanya
para pengusaha saling berlomba menggunakan berbagai strategi untuk
mempromosikan produk mereka, guna memperoleh perhatian dari
masyarakat.

Kegiatan promosi produk, tidak selamanya membutuhkan biaya yang cukup
besar. Bagi Anda yang memiliki dana terbatas sekalipun, kegiatan
promosi produk juga dapat dilakukan. Yang terpenting adalah
kreatifitas Anda untuk menyusun strategi promosi dengan meminimalisir
dana. Namun tetap perlu diingat, promosi dengan dana yang optimal,
tentu akan menghasilkan respon pasar yang lebih optimal. Oleh sebab
itu, sebagai tambahan informasi, berikut kami informasikan 18 strategi
promosi cerdas, bahkan nyaris tanpa biaya sedikitpun.

1. Menyusun daftar rencana promosi

Pertama, susunlah rencana promosi untuk menarik konsumen, mulai dari
tujuan promosi, target pasar, nilai lebih produk yang akan ditawarkan,
besaran anggaran dana yang digunakan, serta buatlah daftar kegiatan
promosi untuk mengenalkan produk Anda kepada konsumen.

2. Tentukan konsep promosi sebelum memulai usaha

Sebelum memulai usaha, cari tahu mengenai besarnya minat konsumen
untuk menggunakan atau membeli produk Anda. Selanjutnya tentukan
konsep promosi yang diinginkan, bila perlu tambahkan logo atau slogan
khusus pada produk agar konsumen ingat dengan produk maupun bisnis
Anda.

3. Pilih sasaran pasar yang tepat

Jika anggaran terbatas, sebaiknya fokuskan target pasar produk Anda
kepada suatu komunitas atau kelompok tertentu yang memiliki kebutuhan
sesuai dengan produk Anda. Bila produk Anda sudah tersebar dan dikenal
masyarakat, Anda dapat memperluas sasaran pasar.

4. Fokus kepada pelanggan

Bantu konsumen untuk menyelesaikan masalah mereka, jadi yakinkan
pelanggan dengan memberikan informasi bagaimana produk Anda bermanfaat
untuk mereka.

5. Penuhi permintaan pelanggan

Konsumen merupakan orang yang paling tahu kebutuhan apa yang mereka
inginkan, oleh karena itu dengarkan permintaan mereka dan penuhi
dengan menciptakan produk yang diinginkan konsumen. Agar produk yang
Anda ciptakan sesuai dengan permintaan konsumen saat ini.

6. Berikan informasi gratis

Berikan informasi gratis yang berhubungan dengan produk Anda, misalnya
dengan memberikan brosur, surat, atau menyajikan website yang
memberikan informasi gratis dengan berita up to date, bila perlu
kirimkan sms untuk menginformasikan promosi terbaru dari produk Anda.

7. Gunakanan online marketing

Promosi bisa dilakukan dengan mengirimkan email kepada para pelanggan
sebagai bentuk berkomunikasi. Bisa juga dengan membuat grup melalui
facebook atau twitter, sehingga konsumen mengetahui informasi produk
Anda melalui internet, yang dapat menjangkau konsumen lokal maupun
internasional.

8. Manfaatkan relasi media

Usahakan agar bisnis Anda dimuat dimedia massa atau elektronik,
sehingga informasi bisnis tersebut dapat tersebar luas dengan gratis.
Terutama bagi usaha kecil menengah, banyak media yang ingin
meliputnya. Perluas jaringan Anda dengan mencari relasi media yang
bisa diajak kerjasama untuk mempromosikan bisnis Anda.

9. Masuklah ke dalam komunitas

Media komunitas menjadi pilihan tepat bagi usaha kecil dan menengah
yang memiliki dana terbatas, untuk mempromosikan produknya. Jika Anda
menjual pada komunitas yang sering Anda ikuti, maka tidak diperlukan
lagi biaya iklan.

10. Memasang papan iklan

Papan iklan di lokasi strategis, merupakan alat promosi yang bagus.
Karena mudah dilihat dan dibaca orang yang melewati lokasi tersebut.

11. Lakukan hal kecil yang berdampak besar

Hal kecil seperti memberi senyuman, salam, kamar mandi yang bersih,
mengangkat telepon pada dering ketiga, kartu nama yang menarik, serta
kebersihan lokasi usaha Anda ternyata mempengaruhi image konsumen
terhadap bisnis dan produk yang Anda tawarkan.

12. Berikan hadiah untuk konsumen

Tidak perlu hadiah mahal, hadiah seperti pengiriman gratis, atau
softdrink gratis, ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi para
konsumen yang menggunakan produk Anda. Sehingga mereka tidak segan
untuk kembali menggunakan produk Anda.

13. Gunakan strategi word of mouth

Promosi paling efektif adalah pemasaran melalui mulut ke mulut. Dengan
memberikan informasi yang mengena pada konsumen, mereka akan
meneruskan informasi tersebut kepada orang lain. Sehingga informasi
produk Anda tersebar di kalangan masyarakat.

14. Hindari meniru produk ternama

Hindari pengunaan strategi promosi yang sudah sering digunakan untuk
produk lainnya. Usahakan cari strategi yang belum pernah digunakan dan
memicu rasa penasaran konsumen untuk membeli produk tersebut.

15. Jangan menganggap pesaing sebagai musuh

Selain memberikan dampak negatif, bersaing dengan competitor hanya
akan menghabiskan banyak biaya dan hanya akan menjadi persaingan harga
. Sehingga konsumen akan berpindah ke produk lain yang harganya
stabil.

marketing 250x187 18 Strategi Promosi Cerdas16. Promosi silang
(Cross-promote)

Masukan promosi produk terbaru Anda yang siap dilaunching, pada setiap
kegiatan promosi yang Anda lakukan. Sehingga dalam satu kali kegiatan
promosi, bisa menginformasikan produk yang Anda miliki semaksimal
mungkin.

17. Iklan alternatif akhir

Iklan bukan strategi pokok dalam pemasaran, karena biasanya memakan
banyak biaya. Bila dana terbatas, usahakan untuk memilih tempat iklan
yang tepat pada sasaran Anda. Agar biaya yang dikeluarkan tidak
terbuang sia-sia.

18. Menunggu hasil

Yang terakhir sabar menunggu hasil, karena penjualan merupakan
kegiatan yang berkelanjutan. Jadi tidak bisa langsung memberikan hasil
saat promosi berlangsung, hasilnya baru terlihat setelah promosi
selesai. Beri waktu bagi konsumen untuk menilai produk Anda, dan
biarkan waktu yang bekerja untuk menjualkan produk Anda.

Demikian informasi pemasaran bisnis kami pekan ini, semoga informasi
tersebut bermanfaat. Salam sukses.

0 komentar:

Posting Komentar