To: Pengunjung IKLANIZER di manapun berada berikut ini adalah kiriman
informasi terkait dengan produk yang akan saya ulas di artikel bawah
nanti | Sebelum menulis lebih lanjut saya ingin menyampaikan rasa
terimakasih kepada pengelola ( IKLANIZERCOM ) yang telah memberikan
layanan pasang iklan gratis serta kirim artikel gratis | Selanjutnya
saya juga mengucapkan terimakasih kepada pengunjung IKLANIZER yang mau
membaca informasi produk saya ini harapan saya dengan terbitnya
tulisan ini mudah mudahan produk saya mendapatkan dukungan dari para
pembaca untuk menjadikan saya lebih inovatif | Kreatif | Produktif
dalam hal positif | Akhir kata tiada kata yang pantas di ucapkan
selain ucapan terimakasih dan selamat membaca
From:
Waspadalah terhadap kegiatan pesaing di sepanjang waktu.
iklanizer@gmail.com
Kategory Iklan
Otomotif
Harga Produk :
Waspadalah terhadap kegiatan pesaing di sepanjang waktu.
Alamat Lengkap Penjual : Desa / Nama Jalan / Kecamatan / Kota /
Propinsi Dll
Waspadalah terhadap kegiatan pesaing di sepanjang waktu.
Alamat Website / Blog / Facebook / Twitter / Google Plus / Tituit Dll
Waspadalah terhadap kegiatan pesaing di sepanjang waktu.
Message:
Tujuan dan Tugas
Metode yang paling sulit untuk menentukan anggaran iklan ialah
pendekatan tujuan dan tugas. Namun, ini adalah metode yang paling baik
dan akurat dalam memenuhi tuntutan pembuatan sebuah anggaran yang
ideal:
1. Berhubungan dengan pemberian tugas pemasaran untuk diselesaikan.
2. Berhubungan dengan pemberian iklan dalam keadaan biasa dan dalam
jangka panjang terhadap volume penjualan, sehingga keuntungan dan
tabungan tidak akan berkurang.
Untuk menyusun anggaran dengan metode ini, Anda membutuhkan program
pemasaran yang terkoordinasi dengan tujuan khusus berdasarkan pada
survei yang mendalam mengenai pasar dan potensi Anda.
Sementara metode persentase penjualan atau keuntungan pertama kalinya
menentukan berapa banyak Anda akan membelanjakan apa yang Ana harus
lakukan untuk mencapai tujuan. Hanya lalu Anda lakukan perhitungan
biayanya.
Anda harus menentukan tujuan khusus: tidak hanya "mendorong
penjualan", tetapi misalnya, "Jual 25% lebih produk X atau jasa Y
dengan menarik usaha anak muda." Kemudian tentukan media apa yang
paling baik dalam mencapai sasaran pasar Anda dan memperkirakan
seberapa besar biaya yang dikeluarkan untuk memublikasikan jumlah dan
jenis iklan yang Anda pikir akan dibutuhkan untuk dapat mendorong
penjualan. Anda mengulangi proses ini untuk setiap tujuan. Saat Anda
menjumlah semua biaya ini, Anda akan memiliki anggaran yang
terproyeksi.
Tentu saja, Anda bisa saja mendapati ternyata biaya yang harus
dikeluarkan untuk iklan lebih besar dari perkiraan sebelumnya. Namun,
tentu kembali lagi harus diteliti apa saja tujuan Anda beriklan.
Bagaimana Mengalokasikan Anggaran Iklan
Setelah Anda tentukan anggaran iklan Anda, Anda harus tentukan juga
bagaimana Anda akan mengalokasikan uang jatah iklan Anda.
Pertama-tama, Anda harus putuskan jika Anda akan melakukan iklan
promosi saja atau iklan institusi.
Setelah Anda menyingkirkan sejumlah uang untuk membangun citra (jika
itu adalah rencana Anda untuk tahun itu), Anda dapat mengalokasikan
iklan promosi dengan beberapa cara. Di antara cara pembagian yang
paling umum ditemukan ialah:
1. Anggaran departemen: Metode yang paling umum digunakan ialah persen
penjualan. Departemen atau kategori produk dengan volume penjualan
terbesar menerima bagian terbanyak dalam anggaran. Dalam suatu usaha
kecil atau saat jangkauan barang terbatas, persentase yang sama dapat
digunakan secara keseluruhan. Jika sebaliknya, aturan yang baik ialah
menggunakan angka industri rata-rata untuk tiap produk. Dengan membagi
anggaran berdasarkan departemen atau produk, barang-barang yang
membutuhkan lebih banyak promosi untuk merangsang penjualan akan
mendapatkan alokasi dana iklan yang dibutuhkan. Anggaran Anda dapat
dibagi lebih lanjut menjadi jajaran produk dagangan individu.
2. Anggaran keseluruhan: Anggaran total Anda mungkin merupakan hasil
dari anggaran produk atau anggaran departemen yang terintegrasi. Jika
usaha Anda telah menetapkan sebuah batas atas untuk persentase biaya
iklan, kemudian anggaran deprtemen Anda bisa dipangkas dengan
didasarkan pada persentase penjualan yang berbeda di tiap daerah.
Dalam usaha kecil, anggaran keseluruhan mungkin hanya satu-satunya
yang disusun. Namun, anggaran itu juga harus dibagi menjadi
klasifikasi barang dagangan untuk penjadwalan.
3. Periode kalender: Sebagian besar eksekutif usaha kecil biasanya
merencanakan iklan mereka dalam periode bulanan bahkan mingguan.
bahkan jika Anggaran Anda ditujukan untuk perencanaan dengan jangka
yang lebih panjang, seharusnya dihitung untuk periode-periode yang
lebih pendek karena akan memberikan Anda lebih banyak kendali. Kadang
Anda ingin menyesuaikan alokasi iklan dalam beberapa bulan penjualan
yang lebih padat sehingga Anda dapat meningkatkan anggaran dari
beberapa periode yang lebih sepi aktivitas. Namun, hal ini harus
dilaksanakan jika Anda memiliki alasan yang kuat (seperti saat tren
penjualan pesaing Anda berbeda secara signifikan dari milik Anda)
untuk meyakinkan bahwa sebuah perubahan dalam penentuan waktu iklan
Anda dapat meningkatkan penjualan secara perlahan.
4. Media: Jumlah iklan yang Anda tempatkan dalam tiap medium iklan -
seperti surat langsung, koran, radio - seyogyanya ditentukan oleh
pengalaman yang telah lalu, kesabaran industri, serta gagasan dari
ahli media. Umumnya cukup bijak untuk menggunakan jenis media yang
serupa dengan yang digunakan pesaing. Itulah bagaimana konsumen
potensial Anda akan menoleh dan mendengarkan Anda.
5. Daerah penjualan: Anda bisa membelanjakan uang iklan Anda di tempat
yang menjadi asal konsumen potensial Anda. Atau Anda dapat menggunakan
mereka untuk merangsang daerah penjualan yang baru. Teruskan juga
untuk beriklan di daerah yang sudah diakrabi sebelumnya. Umumnya akan
lebih mahal untuk mengembangkan pasar baru daripada mempertahankan
pasar yang sudah diraih.
Gabungan dari beberapa metode ini bisa juga digunakan dalam
pembentukan dan alokasi anggaran iklan Anda. Semuanya atau hanya satu
metode dibutuhkan untuk memenuhi tujuan beriklan Anda. Bagaimanapun
Anda memutuskan untuk merencanakan anggaran Anda, Anda harus
membuatnya lentur, dan dapat disesuaikan dengan perubahan di pasar.
Lamanya perencanaan dan periode anggaran bergantung pada sifat usaha
Anda, misalnya pengenalan produk baru, barang khusus di media
setempat, atau keadaan persaingan yang tidak diharapkan.
Waspadalah terhadap kegiatan pesaing di sepanjang waktu. Jangan hanya
meniru pesaing Anda mentah-mentah tetapi analisis bagaimana tindakan
mereka dapat mempengaruhi usaha Anda dan bersiaplah untuk
mengantisipasi itu.
0 komentar:
Posting Komentar